Inilah Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Apakah kita suka berolahraga? Bila iya, maka urusan ini ialah hal yang baik. Olahraga memberikan tidak sedikit manfaat untuk tubuh Anda. Namun sebelum kita berolahraga, ada kegiatan rutin yang mesti dilaksanakan yaitu pemanasan.

Bila Anda melalaikan proses pemanasan sebelum berolahraga maka http://agent88bet.co/ tubuh berisiko merasakan cedera semakin tinggi. Pemanasan sangatlah urgen dan diperlukan sebagai persiapan tubuh kita sebelum olahraga.

Cara Pemanasan yang Baik dan Benar Sebelum Olahraga

Saat seseorang sedang energik untuk mengawali berolahraga, terkadang lupa mengerjakan sesi pemanasan. Padahal pemanasan sebelum olahraga sama pentingnya dengan olahraga tersebut. Apabila tubuh kita tidak siap, olahraga justeru akan membahayakan jasmani Anda. Terlebih bila Anda mengerjakan jenis olahraga berat, laksana angkat beban atau sepak bola.

Inilah Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga
Inilah Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Efek apa yang terjadi bila tidak mengerjakan sesi pemanasan?

Anda bisa jadi tidak maksimal dalam berolahraga. Karena tubuh kita belum lumayan “panas” guna bekerja secara optimal.
Apabila Anda merasakan cedera, proses penyembuhannya juga akan dilangsungkan lama. Di samping itu, olahraga tanpa pemanasan pun tidak sehat untuk jantung Anda.

Berikut jenis-jenis pemanasan sebelum olahraga:

1. Berjalan kaki

Anda dapat melakukan pemanasan paling tidak jalan kaki sejumlah langkah. Hal ini sangat menolong dalam proses persiapan tubuh kita untuk mengerjakan gerakan jasmani secara intens. Lakukan sekitar 5-10 menit.

2. Memutar dan peregangan

Tujuan utama dari gerakan ini ialah untuk melonggarkan dan meregangkan unsur tubuh dengan teknik yang lembut. Anda dapat memulai dari kaki ke tangan, atau tangan baru kaki. Cobalah guna meregangkan seluruh bagian tubuh secara perlahan. Putar tangan dan pergelangan tangan. Di samping itu, tidak boleh lupa guna memutar pinggang kita dengan lembut sehaluan jarum jam dan bertentangan arah jarum jam. Lakukan masing-masing bagian 3×8 kali.

3. Jalan cepat di tempat

Jalan cepat atau lari kecil bermanfaat untuk menyerap oksigen dan memfungsikan jantung supaya bekerja lebih cepat dari seringkali sehingga tubuh Anda bakal siap dalam menjalani kegiatan -fisik yang berat. Lakukan selama 5-10 menit.

4. Jumping Jack

Lakukan jumping jack akan menolong mempersiapkan tubuh kita dengan memanaskan sistem yang terdapat dalam tubuh. Lompatlah tinggi-tinggi dan kerjakan dengan sarat semangat sampai-sampai tingkat antusiasme kita meningkat. Lakukan paling tidak 25 kali.

5. Squats Tanpa Beban

Lakukan squat tanpa beban Gerakan ini bakal menghangatkan kaki kita dan membuatnya siap guna latihan. Di samping itu, kaki Anda bakal siap guna menghadapi olahraga intens. Lakukan sejumlah 3×8 kali.

Sebenarnya tidak ada masa-masa yang pasti tentang berapa lama pemanasan mesti dilakukan. Namun, tidak sedikit pihak yang merekomendasikan untuk mengerjakan pemanasan sekitar 10 sampai 20 menit. Berdasarkan keterangan dari New York Times, pemanasan yang terlampau lama malah malah memunculkan efek negatif, menimbulkan keletihan pada otot dan secara borongan performa bakal menurun pada saat mengerjakan olahraga inti nantinya.

Nah, tersebut tadi sejumlah gerakan pemanasan sebelum olahraga supaya otot-otot tubuh tidak stres dan tegang. Jangan lupa pun untuk mengerjakan pendinginan sesudah olahraga. Karena proses pendinginan akan bermanfaat untuk mempercepat pemulihan sampai-sampai risiko pegal-pegal dan meminimalkan rasa kelelahan.

Demikianlah artikel ini saya buat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua dan menjadikan anda tahu bahwa pentingnya pemanasan sebelum olahraga.